Cara Mengobati Mata Minus

Ini beberapa artikel mengenai cara pengobatan dan pencegahan mata minus, beberapa isinya aku ambil dari artikel sebelah. Tapi, walau sedikit, semoga bisa membantu temen-temen yang mau mencoba untuk berubah, mengingat kesehan itu mahal harganya,, ya kan??ūüôā. Kesehatan pula menjadi investasi kita di masa mendatang. Bagi temen-temen yang masih pelajar, sekarang kan banyak pendaftaran sekolah atau sekolah tinggi yang salah satu syaratnya tidak berkacamata, bisa di search sendiri di kang google.ūüėÄ. Oke, Sugeng mirsani…ūüôā
Beberapa hari yang lalu, temen saya ada yang bertanya,¬†¬†‚ÄúApakah mata minus bisa di obati¬†?‚ÄĚ,¬†‚ÄúApakah mata minus bisa kembali normal¬†?‚ÄĚ yah, maklum,, kemarin juga habis cari info tentang perguruan tinggi dan syaratnya kerusakan pada mata maksimal -1 (minus satu). Dan setelah saya pikir penyakit itu bisa sembuh, tapi lebih baik kita bisa mencegahnya sejak dini.ūüôā.
Biasanya mata minus terjadi jika kita sering berkerja atau melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama.  Ketika ini terjadi otot di mata kita yang mengatur fokus mata akan terbiasa dengan kondisi seperti ini. Menggunakan kacamata untuk mengkoreksi mata minus akan memaksa otot mata Anda untuk terbiasa dengan kondisi yang tidak normal sehingga dapat membuat mata minus semakin parah ketika anda tetap melalukan pekerjaan rutin secara dekat. Jadi, buat temen-temen ataupun para orangtua simak terus artikel ini ya, dan langsung aja dicoba, biar nggak percuma..
Berikut penyebab kemampuan mata menurun:
1.       Pola makan yang tidak sehat, seperti asupan karbohidrat sederhana yang berlebihan dan makanan yang terlalu diolah, serta makan ketika merasa stress
2.      Kebiasaan membaca yang salah seperti membaca sambil tiduran dan membaca di tempat dengan penerangan yang kurang.
3.      Polutan di udara, air dan makanan (bahan kimia, pengawet dll)
4.      Konsumsi gula yang berlebihan
5.      Kurang terkena sinar matahari (bisa juga diartikan sebagai kurang berolahraga
6.      Tempat kerja yang buruk (sempit, kurang bersih, minim penerangan, dll)
7.      Terlalu banyak menonton televisi
8.      Memakai monitor komputer yang buruk (bermain game yang terlalu lama dan berhadapan dengan komputer yang terlalu lama, apalagi game sekarang tak bisa dipungkiri memang mengasyikkan)
9.      Pola perilaku penyangkalan dan kecanduan
Beberapa hal lain yang perlu juga di perhatikan:
1.      Kondisi mental sangat berpengaruh pada kesehatan pengelihatan mata (vision fitness)
2.      Memakai kacamata yang sesuai dengan ukuran minus/plus kita, justru akan membuat kita semakin tergantung dengan kacamata dan tidak ada kesempatan untuk memperbaiki penglihatan kita. Dalam buku ini disarankan, untuk memakai kacamata yang setingkat lebih rendah (dengan kemampuan penglihatan sekitar 87,5%) sehingga mata berusaha untuk memperbaiki fokusnya, dan pada akhirnya bisa mengurangi ketergantungan pada kacamata.
3.      Kondisi mata yang terkadang terasa capek, perih, buram dsb, adalah suatu pertanda/pesan dari mata, kalau mata sudah terlalu capek, maka dari itu jika kita mengalami hal-hal tersebut, segera istirahatkan mata anda untuk beberapa saat
Cara Mengurangi Minus Mata
1.      Lepaskan kacamata jika memungkinkan
2.      Lihat ke benda-benda dengan jarak yang berbeda
3.      Kedip secara normal, tidak teralu cepat dan lambat
4.      Tutup mata Anda, gunakan telapak tangan anda dan berikan sedikit tekanan kepada mata Anda. Ini akan membantu otot Anda menjadi lemas.
5.      Melihat benda yang bergerak juga membantu untuk melemaskan otot mata Anda.
6.      Makan buah wortel dan berbagai macam buah yang berwarna jingga lainnya tau buah buahan yang asam.
7.      Usahakan pergi ke pegunungan hijau, persawahan atau laut yang luas.

Tips mencegah dan mengobati mata minus

Tips mencegah dan mengobati mata minus

Untuk mencegah nambah minus :
1. Kurangi membaca buku yang ukuran tulisannya kurang dari 13. Misalnya buku novel, koran, dll.

2. Kurangi membaca di kamar yang agak gelap alias remang-remang. Juga kurangi kebiasaan begadang. Dengan begitu matamu akan baik-baik saja.

3. Jangan terlalu sering meng-akomodasikan mata. Nanti cepat capek dan minusnya bakal bertambah lagi. Contohnya bila sedang nge game, biasanya kan pada melotot serius banget,, jadi ya agak santai saja.

4. Makan makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, mangga, apel, dll. Kalau suka dibikin jus saja. Minumlah setiap hari. Nanti khasiatnya akan terasa. Kalau bisa bagi para orangtua haru lebih inovatif dalam penyajian kepada anak-anaknya yang gak suka sayuran.. misalnya, dibentuk boneka, dikasih reward bila mau makan…ūüėÄ

5. Kalau main komputer, jarak pandang minimal 60 cm. Lalu kalau nonton TV jarak pandang minimal 2 m. Kalau baca buku dengan jarak pandang minimal 30 cm, tetapi alangkah baiknya kalau membaca dengan jarak 40 cm. Tetapi kalau melakukan semua kegiatan diatas, waktunya dibatasi. Serta kalau yang komputer, mendingan layarnya dipasang anti-radiasi.

6. Kalau mata capek, lihatlah pemandangan dalam jarak jauh tanpa mengakomodasikan mata. Nanti capeknya akan berkurang. Nah ini yang takhayul : kalau mata capek, lihatlah benda yang berwarna hijau, nanti capeknya bakalan hilang. (mau percaya atau tidak silakan, tapi saya sudah membuktikannya). Atau usahakan setiap libur untuk jogging, bersepeda atau berkaryawisata (yang murah saja), melihat pemandangan alam

7. Jangan terlalu sering menggosok-gosokkan mata. Itu hanya menambah mata capek.

8. Bila melakukan kegiatan yang tidak memerlukan fungsi mata dengan keseluruhan, lepas saja kaca mata Anda (kalau memakainya).

9. Bila menggunakan kacamata, pilih yang gagangnya dan lensanya ringan. Supaya mata tidak cepat lelah.

2 responses to “Cara Mengobati Mata Minus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s